Perbedaan Surat Resmi dan Surat Pribadi

Surat merupakan bagian penting dalam komunikasi manusia. Apalagi untuk antar individu yang terhalang jarak yang jauh. Tidak seperti sms maupun chat WhatsApp, surat membutuhkan waktu yang relatif lama untuk sampai ke penerima yang tergantung dari jarak. Penggunaan surat juga lebih mahal karena kita perlu membeli amplop, kertas, dan perangko sebagai bentuk pembayaran surat. Oleh karena itu, penggunaan surat lebih banyak digunakan oleh instansi atau kantor untuk mengirim dokumen. Sedangkan pesan singkat biasanya dikirim lewat internet.

www.suratresmi.net

Surat dibagi dua, yakni surat resmi dan surat pribadi. Berikut ini kami rangkum perbedaan surat resmi dan pribadi sehingga Anda tidak perlu khawatir, apakah surat yang anda tulis sesuai dengan situasi anda.

  1. Secara garis besar, perbedaan terletak pada isi. Isi surat resmi ialah pokok permasalahan yang dihadapi oleh instansi/individu terkait yang diberitahukan kepada penerima surat. Sebagai contoh surat resmi ialah “Surat Pengunduran diri” atau “Surat penerimaan beasiswa”. Isi dari surat pribadi lebih emosional karena menghubungkan 2 atau lebih individu berdasarkan pengalaman atau hal lain.
  2. Surat resmi memiliki format yang harus dipenuhi sedangkan surat pribadi tidak. Format tersebut antara lain ialah kop surat, tanggal surat, nomor surat, lampiran, perihal, alamat yang dituju, salam pembuka, isi surat, salam penutup, jabatan pengirim surat, dan tembusan. Sedangkan, surat pribadi tidak memiliki format. Penulis bisa dengan sesuka hati menggunakan salam pembuka maupun tidak. Namun elemen penting dalam surat pribadi ialah identitas pengirim, isi surat dan identitas penerima.
  3. Untuk beberapa contoh surat resmi, penggunaan amplop/map coklat sebagai sarana penyimpanan dokumen menjadi hal yang penting. Ini karena amplop memiliki kesan yang lebih formal. Untuk surat pribadi, penggunaan amplop ialah manasuka.
  4. Penggunaan bahasa dalam surat pribadi ialah gaya bebas. Bisa menggunakan bahasa manapun, apapun, bahkan campuran. Sedangkan, dalam surat resmi, gaya bahasa yang digunakan ialah bahasa formal. Maka dari itu, diperlukan ketelitian dalam menulis surat resmi karena jika ada salah ketik, surat bisa saja tidak berlaku dan dianggap tidak sah.
  5. Surat pribadi digunakan oleh dan untuk kepentingan individu tertentu. Ini berbeda dengan surat resmi yang digunakan dalam ranah formal seperti instansi.

Itu dia perbedaan contoh surat resmi dan pribadi ditulis. Anda tidak perlu bingung lagi dalam menulis surat lagi karena kelima perbedaan di atas dijamin akan memudahkan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *